Beranda > Info Islami, Kajian > Kajian Muslimah : Baktiku Kepada Ayah Bunda

Kajian Muslimah : Baktiku Kepada Ayah Bunda


Baktiku Kepada Ayah Bunda

Informasi Kajian Muslimah di Surabaya :

Dengan Tema

“Baktiku Kepada Ayah Bunda”

Pemateri

Ustadzah Ari Mardiyah Lc.

Tempat

Wisma Akhwat Thaybah Surabaya

Waktu :

Ahad, 18 April 2010 Jam 09.00

(Info Lebih Lengkap Silahkan download pamflet klik disini)

Seorang anak, meskipun telah berkeluarga, tetap wajib berbakti kepada kedua orang tuanya. Kewajiban ini tidaklah gugur bila seseorang telah berkeluarga. Namun sangat disayangkan, betapa banyak orang yang sudah berkeluarga lalu mereka meninggalkan kewajiban ini. Mengingat pentingnya masalah berbakti kepada kedua orang tua, maka masalah ini perlu dikaji secara khusus.

Jalan yang haq dalam menggapai ridha Allah ‘Azza wa Jalla melalui orang tua adalah birrul walidain. Birrul walidain (berbakti kepada kedua orang tua) merupakan salah satu masalah penting dalam Islam. Di dalam Al-Qur’an, setelah memerintahkan manusia untuk bertauhid, Allah ‘Azza wa Jalla memerintahkan untuk berbakti kepada orang tuanya.

Seperti tersurat dalam surat al-Israa’ ayat 23-24, Allah Ta’ala berfirman:

“Artinya : Dan Rabb-mu telah memerintahkan agar kamu jangan beribadah melainkan hanya kepada-Nya dan hendaklah berbuat baik kepada ibu-bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, ‘Ya Rabb-ku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.’” [Al-Israa’ : 23-24]

Perintah birrul walidain juga tercantum dalam surat an-Nisaa’ ayat 36:

“Artinya : Dan beribadahlah kepada Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat, tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil [1], dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri.” [An-Nisaa’ : 36]

Dalam surat al-‘Ankabuut ayat 8, tercantum larangan mematuhi orang tua yang kafir jika mereka mengajak kepada kekafiran:

“Artinya : Dan Kami wajibkan kepada manusia agar (berbuat) kebaikan kepada kedua orang tuanya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang engkau tidak mempunyai ilmu tentang itu, maka janganlah engkau patuhi keduanya. Hanya kepada-Ku tempat kembalimu, dan akan Aku beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.” [Al-‘Ankabuut (29): 8] Lihat juga surat Luqman ayat 14-15.

Kategori:Info Islami, Kajian
  1. April 15, 2010 pukul 4:09 am

    ahsan..
    barakallahufik

  2. April 16, 2010 pukul 12:54 am

    Alhamdulillah…
    Mudah-Mudahan banyak yang mengetahui informasi ini…
    agar bisa banyak yang mengambil manfaatnya..

  3. akhwat
    April 16, 2010 pukul 7:33 am

    Amiin
    Jazakumullah Khoiron.
    InsyaAllah Kajian Muslimah ini rutin tiap bulan pekan ke-2.

    Admin : Waiyyakum…
    Untuk Jadwal selanjutnya mungkin bisa di informasikan lebih awal, Sehingga bisa maksimal. InsyaAllah selain di blog, setiap agenda kegiatan juga di publish di beberapa milis, salah satunya milis Assunnah. Semoga bisa banyak di ambil manfaatnya. Amiin..

  4. April 26, 2014 pukul 6:14 am

    Terkadang saya bingung juga Ustadz tentang masalah ini terutama ketika orang tua tidak menghendaki saya ikut dalam satu Jama’ah. Apa ia jika seorang anak tidak mengikuti keinginan orang tua, ia termasuk anak yang durhaka. Memang sekarang sikap kedua orang tua sudah sedikit berubah, tapi tak pernah saya berhenti untuk mendoakan mereka. Apa keputusan ini benar ya…? Terimakasih.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: